Rabu, November 11, 2020

Belajar Daring, Dosen UBSI Tasikmalaya Diberikan Pelatihan Memanfaatkan Whatsapp Dan Google Sheet Untuk Mengelola Data

Rate this posting:
{[['']]}


Tasikmalaya Bsi-News

Kuliah yang dilaksanan secara daring tentu tetap memperhatikan poin-poin penilaian untuk mahasiswa diantaranya nilai presensi, nilai tugas, serta nilai UTS dan UAS. Rekap nilai tugas oleh dosen biasanya didata menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel tapi ada juga yang sudah menggunakan database tersendiri untuk merekap nilai tugas dan menampilkan di website pribadi dosen. Untuk rekap nilai di microsoft excel sendiri bisa saja ditampilkan ke mahasiswa secara langsung. Untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang interaktif atau menarik minat mahasiswa, maka untuk rekap nilai tugas bisa juga menggunakan Google Sheet yang bisa diakses lewat internet, formula atau rumus di Google Sheet sama saja dengan di Microsoft Excel. Data nilai tugas mahasiswa yang ada di Google Sheet bisa ditampilkan ke mahasiswa secara daring. Tanpa harus membuat aplikasi baru atau database baru. Dengan menggunakan fasilitas Google Sheet staupun whatsapp, penelolaan data dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan hari Senin, 09 November 2020 dan dipandu oleh Ibu Ai Ilah Warnilah, ST, M.Kom selaku moderator. Narasumber pada kegiatan kali ini adalah Bapak Bambang Kelana Simpony, ST, M.Kom. Pelatihan ini dihadiri oleh seluruh dosen UBSI Kampus Kota Tasikmalaya. Acara dimulai pukul 09.00 dan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Program Studi Sistem Informasi Kampus Kota Tasikmalaya yaitu Bapak Deddy Supriadi, M.Kom.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar para dosen dapat melakukan pengolahan data dan pengumpulan data terutama data nilai secara efektif dan efisien” tutur Deddy

Pada kesempatan kali ini, narasumber membahas tentang laman e-learning yang digunakan oleh mahasiswa untuk kegiatan belajar mengajar dan juga cara kolektif data nilai dan pengelolaannya menggunakan google sheet dan whatsapp sebagai media pengelolaan data. Pemaparan tentang kekurangan dan kelebihan google sheet dibandingkan dengan media lainnya seperti Microsoft excel serta kelebihan dan kekurangan Whatsapp untuk media pengelolaan data. Selain itu, disampaikan juga cara menggunakan whatsapp yang efektif dan efisien dengan cara menggunakan fitur whatsapp business ataupun cheat bot sebagai salah satu fitur dari media whatsapp untuk membantu pengelolaan data. Beliau juga menyampaikan seputar cara perhitungan nilai serta rincian nilai yang bisa diberikan kepada mahasiswa. Dari respon para dosen yang menjadi peserta, dapat terlihat bahwa peserta sangat antusias dengan adanya kegiatan ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, dengan adanya pelatihan ini membuat kami memiliki berbagai macam alternatif media untuk pengelolaan data terutama data nilai mahasiswa agar pengelolaan datanya bisa efektif dan efisien” tutur Yanti selaku salah satu peserta pelatihan. //RCB

Sumber : BSI News

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Semester Aktif