Sabtu, Januari 30, 2016

Pengabdian Masyarakat Senat dan LPPM AMIK BSI Tasikmalaya

Rate this posting:
{[['']]}

Sebagai mahasiswa, sudah sewajarnya kita turut serta aktif mengabdi (kepada) masyarakat. Pengabdian (kepada) Masyarakat sendiri merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian. Dari tri dharma perguruan tinggi ini kita bisa menyimpulkan bahwa pengabdian (kepada) masyarakat ini setara wajibnya dan sama wajarnya diselenggarakan oleh perguruan tinggi, seperti halnya pendidikan dan penelitian.

Berhubungan dengan hal tersebut organisasi SENAT bekerjasama dengan LPPM AMIK BSI Tasikmalaya mengadakan pengabdian masyarakat dengan tema "Berbagi Sebuah Inspirasi" dimana lokasinya bertempat di Ds. Wakap Kec. Bantarkalong Kab. Tasikmalaya. Acaranya sendiri berlangsung selama 5 hari (24-28 Januari 2016).

Ketua SENAT AMIK BSI Tasikmalaya Nurul Fikri Haikal selaku ketua pelaksana kegiatan menyatakan “kegiatan ini merupakan pengamalan dari pembukaan UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa” dan dari pancasila sila ke 5 yaitu “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dengan tujuan supaya mahasiswa dapat belajar tentang kehidupan bermasyarakat, kemandirian, dan berbagi, juga membangun sumber daya manusia yang kreatif, positif, dan inovatif yang diharapkan mampu menularkan dan membawa perubahan terhadap masyarakat khususnya anak-anak yang berada di lokasi tersebut”

Hari pertama dihabiskan dengan kegiatan persiapan acara pembukaan dan bersilaturahmi dengan para Ketua RW setempat. Dimana terdapat 6 RW dan 18 RT. Hari kedua di isi dengan pembukaan secara resmi kegiatan, dimana yang memberi sambutan pertama yaitu dari Kemahasiswaan AMIK BSI Tasikmalaya Miftah Farid Adiwisastra, dilanjutkan dari LPPM AMIK BSI Tasikmalaya Tuti Alawiyah, dan dari perwakilan Ds. Wakap dari Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Enyang, dilanjutkan dengan penyuluhan/pelatihan mengenai Microsoft office word dan excel dimana para aparatur desa dan RT/RW menyambut dengan antusias acara tersebut. Hari berikutnya di isi dengan penyuluhan mengenai teknologi modern kepada para siswa SMA sederajat. Hari keempat di isi dengan penyuluhan mengenai pertanian modern (Hidroponik)  yang di ikuti oleh aparatur desa, RT/RW, dan warga. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai perkembangan teknologi dan Internet. Hari terakhir penutupan di isi dengan bersilaturahmi dengan para Ketua RW dan aparatur desa.

Kegiatan ini bukan hanya satu kali kegiatan tapi bersifat continue, dimana setiap anggota SENAT bergantian mengunjungi Ds. Wakap supaya apa yang kami bagikan benar-benar bermanfaat bagi warga Ds. Wakap khususnya bagi aparatur Desanya.

Sumber : News.bsi.ac.id

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Semester Aktif