Monday, May 06, 2019

Dosen Dan Mahasiswa “Padu”, Ajarkan Masyarakat Menggunakan Internet Sehat

Rate this posting:
{[['']]}


Milenianews.com, Tasikmalaya – Keterlibatan kalangan akademisi dalam melakukan penyuluhan dan edukasi terhadap penggunaan internet sehat sangat diharapkan. Karena hal itu mampu memberikan kesempatan bagi para tenaga pendidik agar bisa menyebarkan ilmu nya untuk masyarakat umum.
Seperti dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Tasikmalaya, yang telah menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) dengan tema “Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat Dan Aman”, di jl Cigantang, Kelurahan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Sabtu (04/05) kemarin.
Agung Baitul Hikmah, M.Kom, selaku Kepala Kampus UBSI Tasikmalaya menjelaskan, pengabdian masyarakat ini merupakan kewajiban diluar kegiatan pendidikan, pengajaran dan penelitian, sebagaimana tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
“Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu dari tugas pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping pendidikan dan pengajaran serta penelitian. Selain itu kegiatan pengabdian ini, sesuai dengan salah satu misi dari UBSI yaitu dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, dengan pengabdian masyarakat,” ujarnya pada Senin (06/05).
Materi yang disampaikan adalah materi tentang pemanfaatan internet sehat untuk masyarakat dengan sasaran karang taruna Cigantang. 
Cecep Siswanto, ketua Karang Taruna Cigantang menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan acara ini sangat bermanfaat bagi warga kelurahan Cigantang terutama untuk para anggota karang taruna dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam penggunaan internet sehat dan aman, terutama dalam isu penyebaran Hoax dan pelanggaran UU ITE.
Juga sasaran nya sangat tepat, karena banyak pelaku dan korban Hoax itu berasal dari kalangan milenial atau anak muda. Selain ilmu yang diberikan, menurutnya, pengalaman dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat sekitar dengan pihak kampus juga bisa terjalin.
“Selain mendapatkan ilmu dan pengalama,  bisa bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan pengurus dengan seluruh rekan mahasiswa dan bapak ibu dosen,” paparnya.
Selain dosen, PM ini juga melibatkan mahasiswa semester 2. Hal itu sebagai implementasi khusus materi kuliah Character Building. Menurut Agung, tujuan utamanya adalah agar para mahasiswa dapat mengembangkan karakter yang baik, termasuk pengetahuan, rasa peduli dan selalu bertindak dengan nilai-nilai etika.
“Mahasiswa harus bisa mengembangkan karakter yang baik, termasuk mengetahui, peduli dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai etika yang penuh dengan rasa hormat, tanggung jawab, kejujuran, keadilan dan kasih sayang,” tegas Agung.
Apresiasi warga dan peserta pun luar biasa. Diakhir acara, pihak UBSI memberikan cinderamata sebagai tanda terimakasih kepada karang taruna Cigantang yang diwakili Cecep. Selain Agung, tiga dosen lainnya yang menjadi pembicara adalah Bambang Simpony Kelana, S.T, M.Kom, Deddy Supriadi M.Kom dan Dra. Sri Mulyani M.M.(ABL)
Sumber : milenianews.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More