Tuesday, January 11, 2011

Cloud Computing Bisa Temukan Password Wi-Fi?

Rate this posting:
{[['']]}

Peneliti keamanan komputer asal Jerman, Thomas Roth, menemukan cara inovatif untuk memanfaatkan komputasi awan, yakni memecahkan password pada jaringan internet nirkabel.

Roth menciptakan sebuah program yang dijalankan menggunakan layanan Amazon Elastic Cloud Computing (EC2). Program tersebut menggunakan daya besar komputasi EC2 untuk memecahkan 400 ribu kemungkinan password setiap detiknya. Itu bisa dilakukan terutama karena EC2 sekarang memungkinkan penggunaan unit prosesor grafis (GPU) dalam tugas komputasi.

Dengan kata lain, software yang dikembangkan Roth akan memberikan jutaan kemungkinan kata kunci, sebelum melakukan enkripsi dan melihat apakah kata kunci itu bisa digunakan untuk mengakses jaringan, demikian seperti dilansir Reuters, Selasa (11/1/2011).

Roth mengklaim, dengan bantuan software miliknya dan EC2, password wi-fi standar bisa dipecahkan dalam kurun enam menit. Dia membuktikannya dengan membajak jaringan di area tempat dia tinggal.

Kabarnya, Roth berniat membagi software itu kepada publik. Dalam waktu dekat, dia akan mempresentasikan penemuannya pada konferensi Black Hat di Washington DC.

Pengggunaan sistem EC2 untuk tujuan itu jelas melanggar ketentuan Amazon. Namun, menurut juru bicara Amazon, Drew Herdener, jika penggunaan software itu semata-mata untuk penelitian, maka tidak ada masalah.

Tujuan Roth membagi informasi tentang software tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa komputasi menggunakan pre-shared key (WPA-PSK) sebagai proteksi belum sepenuhnya aman. Sistem WPA-PSK biasanya digunakan di rumah-rumah ataupun bisnis kecil, yang tidak mampu menyediakan server sistem autentikasi yang lebih aman dan kompleks, 802.1X.

(srn)-techno.okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More