Wednesday, December 15, 2010

Mati Lampu 0,07 Detik, Pasokan Memori Dunia Turun 7,5 Persen

Rate this posting:
{[['']]}

Baru-baru ini Toshiba mengalami mati lampu selama 0,07 detik pada pabrik produksi NAND memori mereka. Umumnya, mati lampu yang tak sampai sedetik seperti itu tidak terasa. Namun bagi Toshiba, itu adalah masalah besar yang bisa menunda produksi memori hingga berbulan-bulan.

Toshiba memperkirakan, gangguan pasokan listrik itu diperkirakan bisa mempengaruhi produksi memori mereka sebanyak 20 persen hingga Februari mendatang. Mengingat besarnya peran Toshiba sebagai pemasok pasar, menurut Wall Street Journal, mati lampu itu dapat menyebabkan anjloknya pemasaran chip memori dunia hingga 7,5 persen.

Kalangan industri tentu memiliki sumber daya cadangan untuk menghindari terjadinya hal-hal seperti itu. Akan tetapi, pada kasus ini, anjloknya voltase terlalu besar untuk ditangani sistem cadangan.

Akibatnya, proses produksi wafer silicon yang butuh waktu 8 hingga 12 minggu untuk menyelesaikannya, gagal. Penyaring dan pengatur suhu udara yang berfungsi untuk memastikan tidak ada debu yang masuk ruangan juga terganggu.

Meski Toshiba bukan satu-satunya pembuat chip memori, turunnya pasokan mereka berpotensi menaikkan harga memori di pasaran. Jika demikian, ini dapat membawa manfaat bagi kompetitor mereka seperti Samsung, Micron, dan Hynix.

terminaltekno.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More