Sunday, October 24, 2010

Temukan Bug, Bocah 12 Tahun Dapat Rp26 Juta

Rate this posting:
{[['']]}

Mozilla memberikan hadiah kepada, Alex Miller, seorang bocah berusia 12 tahun asal Amerika Serikat senilai USD3.000 atau sekira Rp26 Juta. Miller merupakan bocah yang berhasil menemukan bug pada browser besutan Mozilla, Firefox.

Mercury News, Minggu (24/10/2010) melansir, Miller memang merupakan pemburu Bug. Ia berhasil menemukan sebuah lubang keamanan yang dapat dibobol di Firefox. cacat pada Firefox itu disebutkan sangat kritis yang dapat membuatnya tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Miller melakukan debugging, setelah mengetahui Mozilla meningkatkan hadiah dari USD 500 menjadi USD3.000.

"Beberapa bulan yang lalu kita meningkatkan jumlah pembayaran menjadi USD3.000, pada dasarnya untuk mencerminkan perubahan dalam perekonomian, dan pasar, sejak program pencarian Bug ini dimulai," kata Brandon Sterne, Manager Program Keamanan Mozilla.

Miller menyatakan, dirinya menghabiskan waktu sekira 90 menit setiap hari untuk memfokuskan pencarian celah keamanan tersebut. Akhirnya, dalam sepuluh hari pencarian ia berhasil menemukan titik kelemahan yang terkait dengan kinerja Firefox terhadap memory komputer.

Menurut Sterne, proses pencarian Bug tidaklah mudah. "Sama sekali tidak mudah. Ruang orang untuk menemukan kelemahan di satu titik sangat kecil," kata Sterne.

"Untuk menemukan Bug, Mozilla sangat tergantung pada relawan yang memberitahukan celah keamanan tersebut," tandas Sterne.

(ugo)-techno.okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More