Wednesday, October 13, 2010

Lebih Dekat Dengan CCTV

Rate this posting:
{[['']]}

CCTV atau Closed Circuit Television Camera merupakan perangkat alat keamanan dan pemantauan/surveylance yang biasa digunakan untuk mengawasi tempat / lokasi strategis seperti ATM, gedung perkantoran, bank dan pertokoan. Bagi kita masyarakat Indonesia belum banyak yang terbiasa dengan piranti satu ini. Namun di luar negeri sudah lazim digunakan sebagai peralatan standar baik ditempat usaha, kantor maupun di rumah. Piranti ini terbukti ampuh dalam mengungkap –bukan menangkal- berbagai pelaku kejahatan dan membantu pihak berwenang dalam proses identifikasi.

Di Indonesia, terbukti cukup handal dan berperan dalam peristiwa penting. Sebut saja peristiwa pengeboman Hotel J.W. Marriot yang menghebohkan beberapa saat kebelakang. Keberadaan rekaman CCTV di hotel tersebut sedikit ataupun banyak telah membantu polisi dan densus 88 melakukan penelusuran hingga berbuntut penangkapan Noordin M Top.

Baiklah, dalam tulisan kali ini www.bsod.tk akan mencoba membahas tentang CCTV, cara kerja dan instrument perangkatnya. Secara umum komponen utama dalam system CCTV terdiri atas dua bagian; Unit Kamera dan Unit perekam data atau sering disebut sebagai DVR (Digital Video Recorder).

Jenis Jenis CCTV

Kamera CCTV pada dasarnya merupakan jenis kamera video yang tidak jauh berbeda dengan kamera biasa. Bila dibedakan berdasarkan bentuknya, kamera CCTV terdiri atas;

* Square Camera; jenis Kamera ini merupakan unit yang biasa diluar ruangan dan biasanya dilengkapi dengan rotator untuk menggerakan kamera baik secara horizontal maupun vertical. Type yang lebih bagus disertai dengan Infra Red Iluminator untuk pemantauan malam hari.
* Dome Camera; Jenis ini merupakan type yang sering digunakan didalam ruangan. Biasa dipasang di langit-langit perkantoran. Unit tertentu dilengkapi dengan Infra Red dan Microphone untuk merekam suara
* Outdoor Camera; adalah jenis CCTV yang biasa dipasang di tempat terbuka. Jenis ini tahan terhadap panas dan hujan karena dilengkapi dengan housing sebagai tutup pelindung unit.

Bila dibedakan berdasarkan sensornya;

* CMOS Camera; jenis CCTV dengan sensor CMOS menghasilkan gambar kualitas setara VGA.
* CCD Camera; Jenis ini menggunakan sensor CCD yang mampu menangkap dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih bagus dari jenis CMOS. CCD dari merk sharp biasanya lebih murah daripada CCD jenis Sony.

Berdasarkan konektifitasnya;

* Wired cam; kamera yang menggunakan kabel untuk menghubungkan dengan unit DVR, biasanya berupa kabel coaxical RG-6
* Wireless cam; kamera yang tidak memerlukan kabel, koneksi datanya biasa menggunakan frequensi radio
* IP camera; Unit CCTV yng biasa dikoneksikan dengan jaringan internet. Kelebihan dari jenis ini adalah dapat dipantau dari mana saja selama ada jaringan Internet dengan cukup mengetikan IP camera tersebut di browser kita.

Harga CCTV

CCTV bisa didapat perunit maupun paket. Harga untuk setiap jenis kamera berbeda-beda tergantung jenis sensor, type dan merknya. CCTV standar CMOS biasanya dibanderol diharga 200.000-300.000 perunitnya. Sedangkan camera dengan sensor CCD biasa dijual seharga 650rb-800rb dipasaran. Untuk camera CCD dengan sensor produksi sony biasa dijual dengan harga lebih tinggi, sekitar ,5juta perunitnya.

Semoga Bermanfaat :)

Sumber : http://realtrade.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More