Monday, August 02, 2010

100 Juta Data Pribadi Pengguna Facebook Bebas Beredar

Rate this posting:
{[['']]}

Data personal dari sekitar 100 juta pengguna Facebook telah dikumpulkan dan dipublikasikan di internet oleh konsultan security. Daftar data tersebut telah di-share sebagai file yang bisa diunduh, berisi URL dari setiap profil pengguna Facebook yang memungkinkan untuk dicari berdasarkan nama mereka, dan juga ID unik mereka.

Nah, file ini sudah menyebar secara luas melalui jejaring elektronik. Di Pirate Bay, situs file sharing terbesar di dunia, file ini sudah diunduh dan didistribusikan oleh lebih dari 1.000 pengguna.

Penyedia data bernama Bowles bilang, ia mempublikasikan data tersebut untuk menyoroti isu privasi. Namun, bagi Facebook tindakan Bowles tidak merugikan siapapun dan informasi tersebut memang diperuntukkan bagi publik dan tersedia secara bebas di ranah maya.

"Orang-orang yang menggunakan Facebook merupakan pemilik informasi tersebut dan punya hak untuk membagi apa yang ingin mereka bagi, membagi pada orang-orang yang mereka inginkan, dan membagi kapanpun mereka mau," kata Facebook melalui pernyataannya kepada BBC News.

Facebook menyatakan dalam hal ini, informasi tersebut berisi data-data pengguna Facebook yang sebelumnya telah disetujui oleh penggunanya untuk di-share secara publik, dikumpulkan melalui mesin pencari seperti Google dan Bing. "Data yang sangat pribadi, jelas saja, tidak tersedia," lanjut pernyataan tersebut.

Simon Davies dari Privacy International mengatakan, Facebook telah diberi peringatan sebelumnya bahwa hal seperti ini kemungkinan bakal terjadi. "Facebook seharusnya bisa mengantisipasi 'serangan ini dan bisa melakukan tindakan untuk mencegahnya," kata Davies.

Menurutnya, akan ada begitu banyak keluhan dari orang-orang pengguan Facebook saat ini yang bertanya-tanya siapa sajakah yang memiliki data-data mereka dan apa yang sebaiknya mereka lakukan dengan adanya database yang terbuka ini.(KONTAN/Femi Adi Soempeno)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More