Wednesday, July 28, 2010

Membuka File Thumbs.db

Kenal dengan file Thumbs.db kan, Yang selalu di hiddenkan.. Hampir seluruh folder ada file ini, tapi nggak apa2 lah. Kan nggak ganggu. Tapi rasa penasaran juga terhadap file ini, kok setiap di hapus muncul lagi, apakah ini file virus? kayaknya tidak deh… lalu ini file apaan, tentu Microsoft membuat ada fungsinya. File ini pasti ada fungsinya, lalu bagaimana cara bukanya.

Nah akhirnya saya menemukan juga gimana cara membukanya. Ternyata isi dalam Thumbs.db sangatlah penting, karena bisa di katakan ini adalah log atau database. Tapi banyak orang tidak tahu atau emang nggak mau tahu.

Cara membukanya download dahulu tool nya.

Di sini : http://www.4shared.com/file/5GIkTdx2/WFA.html

Runingkan file WFA tersebut.. pilih File Analyze thumbnail database.
Klik Gambar Untuk Memperbesar.



Cari file Thumbs.db, Lalu pilih open :



Maka akan terbukalah file yang ada dalamnya seperti gambar berikut :



Ternyata file Thumbs.db menyimpan gambar yang pernah kita buka dalam suatu direktori. Walaupun gambar tersebut sudah di delete tapi masih bisa kita lihat. Bahwa direktori tersebut pernah menyimpan gambar. Jadi anda musti was..was… karena gambar pribadi yang sudah di delete bisa di lihat pada file Thumbs.db. Program ini sering di gunakan oleh Polisi cyber untuk menangkap hacker pada komputernya sendiri .. So… bagi anda yang nggak mau menjadi kasus seperti Ariel, Cut Tari dan Luna, jadi jangan sembarangan menyimpan gambar atau video pribadi, walaupun itu sudah di delete.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Thanks.

Sumber:artikel.xcode.or.id

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More