Monday, June 28, 2010

Mengembalikan Data Yang Hilang Dengan EASEUS Data Recovery Wizard

Rate this posting:
{[['']]}

Pernah kehilangan data? File tidak sengaja terhapus>? Recycle Bin sudah ter-empty?
FlashDisk/Harddisk anda terformat? Partisi Harddisk tiba–tiba hilang? Tiba – tiba berubah menjadi RAW format?

Semua kejadian diatas bikin jengkel minta ampun, apalagi jika file yang hilang sangat–sangat–sangat dan sangat penting, bahkan menyangkut hidup dan mati, file skripsi misalnya, ato malah file hutang? :D

Dibawa ke jasa pengembalian data, eh tarifnya muahal minta ampun, bisa 5x harga Harddisknya.

Ok, sebelum anda frustasi ada baiknya anda mengikuti beberapa pesan di bawah ini.

Artikel ini berdasarkan pengalaman penulis beberapa waktu yang lalu. Penulis memiliki harddisk 80GB yang berisi full film (yang jelas ga ada satupun film parno), klo tidak salah ingat ada sekitar 50an judul film. Eh suatu hari, tiba – tiba harddisk ini berubah menjadi RAW format, dan ketika di buka mencul peringat “Do You Want To Format this Drive?”. Gludax….. langsung muncul keringat dingin deh, hilang sudah koleksi film berharga penulis, padahal semuanya itu hasil download sendiri, ada setengah lebih yang belom ditonton.

Penulis segera ingat tentang artikel – artikel tentang mengembalikan data, dan paling banyak adalah menggunakan program Get Data Back, namun setelah mencoba program ini, penulis masih kurang puas dengan hasilnya, karena ada beberapa film yang tidak bisa diputar. Setelah bertapa dan puasa selama 1 jam akhirnya ketemu dengan sebuah program EASEUS Data Recovery Wizard.



Dan hasilnya, WOW, semua film bisa dikembalikan dengan sempurna, semua film bisa diputar dengan lancar. OK, cukup sudah dengan pengalamannya, sekarang saatnya tutorialnya.

Tutorial kali ini, tidak akan membahas cara mengembalikan data pada harddisk yang berubah menjadi RAW, tutorialnya bisa dibaca disini.

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengembalikan data yang terformat.
Korban kali ini adalah FlashDisk Kingstone DataTraveler C10 8GB yang sudah terisi hampir full, sekitar 3/4 dari kapasitas, dan tanpa ba bi bu langsung penulis format sebagai bahan percobaan.



Sebetulnya cara ini sudah tersedia disini , tapi penulis mencoba untuk membuat tutorial dengan bahasa indonesia supaya lebih mudah dimengerti.

1. Download dulu program EASEUS Data Recovery Wizard Profesional v5.0.1 disini.

2. Install programnya, dan jalankan.

3. Ada 3 pilihan yang diberikan ketika program dijalankan.

Pertama, “Deleted File Recovery” adalah mode untuk mengembalikan file yang terdelete.
Kedua, “Complete Recovery” adalah mode untuk mengembalikan data dari drive yang terfomat / bisa juga untuk mengembalikan drive yang tiba – tiba berubah menjadi RAW.
Dan yang ketiga, “Partition Recovery”, adalah mode untuk mengembalikan partisi yang hilang.
Karena kita akan mengembalikan data yang dari drive yang terfomat, maka kita pilih mode yang kedua “Complete Recovery”. klik pada gambar untuk memperbesar



4. Berikutnya adalah memilih drive yang akan direcovery. Lanjutkan dengan memilih Next.



5. Proses pencarian file akan berjalan, tunggu sampai proses ini selesai.



6. Kita disuruh untuk memilih partisi yang akan dikembalikan yang ada di flashdisk ini, kita pilih saja dengan suggestion yang high, karena biasanya partisi ini adalah partisi dengan kemungkinan data bisa dikembalikan yang paling tinggi. Lalu klik Next.



7. Pilih file yang akan direcovery, lalu klik Next.



8. Tentukan folder tempat menyimpan file yang akan direcovery. PERHATIAN: jangan menyimpan file di dalam drive yang sama dengan yang direcovery karena akan merusak data, simpanlah di drive yang berbeda.



9. Proses sudah selesai

Jika anda masih kurang puas dengan hasil recovery (file ada yang tidak ditemukan / tidak bisa dibuka). penulis sarankan untuk menggunakan mode yang ketiga, yaitu “Partition Recovery”.

bluex-artikel.xcode.or.id

1 comments:

silahkan klik jual power bank online blog ini menjual berbagai power bank secara online dengan harga yang murah tapi tidak murahan

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More