Saturday, June 19, 2010

Intel Mulai Tinggalkan Interface PCI

Rate this posting:
{[['']]}

Peripheral Component Interconnect atau yang dikenal dengan PCI merupakan interkoneksi yang umum digunakan pada komputer saat ini. PCI tersebut pertama kali dihadirkan Intel pada 1993. Namun, produsen mikroprosesor terbesar itu juga akan menjadi yang pertama meninggalkan PCI.

Dengan demikian, produsen motherboard dan pembuat kartu periferal terpaksa harus beralih ke chip yang mendukung PCI Express atau menggunakan chipset buatan produsen lain yang masih mendukung PCI.

Seperti dikutip dari XbitLabs, Jumat 18 Juni 2010, Intel berencana menghadirkan chipset H67, P67, dan H61 yang memiliki kode nama Sandy-Bridge dengan platform LGA1155. Ketiga chipset itu tidak mendukung PCI bus.

Meski demikian, versi chipset untuk kalangan bisnis dan industri yakni Q67, Q65, dan B65 masih akan tetap menyediakan fasilitas untuk itu. Alasannya, kalangan bisnis banyak menggunakan kontroler dengan interface PCI.

Langkah Intel meninggalkan teknologi PCI dinilai wajar mengingat PCI bus (33MHz, 32-bit) hanya menyediakan bandwidth maksimal sebesar 133MBps. Bandwidth sebesar ini tidak lagi relevan untuk digunakan pada komputer saat ini. (art)-teknologi.vivanews.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More