Tuesday, April 06, 2010

Mau tau Sejarah Virus ?

Virus komputer kali pertama menyebar pada akhir 1980-an karena beberapa faktor. Faktor pertama adalah meluasnya pemakaian PC. Sebelum 1980-an, komputer rumahan hampir dapat dikatakan belum ada atau hanya berupa mainan. Komputer yang sesungguhnya masih sangat jarang, dan hanya digunakan oleh “para ahli” dari kalangan tertentu.

Faktor kedua adalah penggunaan komputer bulletin board. Orang-orang dapat men-dial up sebuah bulletin board menggunakan modem, dan men-download berbagai jenis program komputer yang paling populer pada masa itu adalah game, kemudian disusul oleh word processor, spreadsheet, dan aplikasi produktif lainnya.

Bulletin board pulalah yang mengantarkan sebuah virus perintis yang dikenal sebagai Trojan horse. Virus-virus generasi pertama tersebut merupakan sekumpulan kode yang
disusupkan ke dalam program yang umum digunakan orang pada waktu itu, seperti game atau word processor populer.

Ketika seseorang men-download program yang telah diinfeksi dengan kode-kode jahat tersebut dari bulletin board, dan menjalankannya di PC, virus me-loading dirinya ke dalam memory, dan mulai bekerja mencari program lain yang akan diinfeksi.

Selanjutnya, penularan virus terjadi bila program yang telah terinfeksi diberikan kepada pengguna lain, baik melalu media floppy disk maupun di-upload ke bulletin board.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Tabloid PCMild

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More