Thursday, March 18, 2010

McAfee: Jangan Buka Attachment!

Rate this posting:
{[['']]}

Penyebaran virus sebagai upaya untuk mencuri informasi penting di jejaring social merupakan hal yang telah lama dilakukan hacker. Diperkirakan mereka mampu mengelabui sekira 40 juta pengguna Facebook.

"Hacker telah lama menjadikan pengguna Facebook sebagai target, dengan mengelabui mereka melalui sebuah email palsu dari pihak Facebook. Serangan ini cukup mudah bagi mereka, karena hanya membutuhkan jaringan internet biasa untuk menyebarkan software berbahaya itu," ujar Direktur Penelitian Malware dan Komunikasi McAfee Dave Marcus, seperti dikutip melalui Reuters, Kamis (18/3/2010).

Marcus memprediksi, hacker penyebar pembuat virus tersebut telah menyebar ke hampir seluruh penguna Facebook di dunia. Bahkan jumlahnya mencapai puluhan juta akun target, yang tersebar di Eropa, Amerika Serikat (AS) dan Asia. Diperkirakan McAfee, virus ini telah menyebar sejak awal pekan ini.

Menurut Marcus, jutaan computer dipastikan sudah terinfeksi. Bahkan dari 400 juta pengguna Facebook, jika diambil 10 persennya saja maka hacker telah berhasil menginfeksi sekira 40 juta pengguna Facebook, termasuk AS dan Asia, di mana pengguna Facebook paling banyak berasal dari negara-negara tersebut.

Oleh karena itu, Macus menganjurkan agar para pengguna Facebook yang kebetulan mendapati email tersebut, untuk tidak tergoda mengklik attachment yang disertakan dalam email palsu itu.

"Jika attachment tersebut terbuka maka virus yang terkandung di dalamnya akan langsung mendownload beberapa software yang membahayakan komputer anda secara otomatis, termasuk program yang mampu mencuri password apapun," ujar Marcus.
(srn)-okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More