Thursday, March 18, 2010

Inggris Buat Robot Penjinak Bom

Kementerian Pertahanan Inggris menciptakan seperangkat robot penjinak bom portabel berteknologi tinggi, yang berukuran cukup kecil sehingga muat ditaruh dalam tas ransel.

Robot penjinak bom bernama Dragon Runner ini membantu para tentara menemukan bom dan menjinakkan bom tersebut sebelum sempat meledak.

Dilansir Daily Mail, Kamis (18/3/2010), bentuknya yang cukup kecil dan ringan, sebesar 9x8x3 inci akan mengingatkan kita pada robot dalam adegan film tentang penjinak bom peraih Oscar, The Hurt Locker. Beratnya hamper sama dengan tujuh kantong gula dan dapat bergerak dengan kecepatan hingga 5mph.

Robot canggih ini dapat melaju di segala medan dengan memanfaatkan kontroler intuitif. Sehingga, Dragon Runner dapat menaiki tangga bahkan membuka pintu sendiri.

Dragon Runner memiliki empat kamera on board yang me-relay gambar ke operator melalui perangkat semacam remote control. Setiap tampilan akan diperlihatkan pada layer secara terpisah atau dalam empat potongan layer sekaligus.

Robot ini akan segera digunakan secara massal oleh sejumlah resimen penjinak bom di Inggris, termasuk Bomb Disposal Squadron RAF yang akan bertugas di provinsi Helmand dalam waktu dekat. (rah)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More