Wednesday, March 24, 2010

Ijazah Palsu Dibanderol Hingga Puluhan Juta Rupiah di Internet

Rate this posting:
{[['']]}

Di tengah usaha pemerintah untuk memperbaiki kualitas dunia pendidikan, aktivitas jual beli ijazah palsu dengan memanfaatkan layanan internet masih saja bergeliat di Indonesia.

Dalam pengamatan detikINET, Rabu (24/3/2010), sebuah situs yang bermain dalam lahan bisnis ini mengaku bisa membuat ijazah palsu untuk level pendidikan S1, S2, Akta IV dan TOEFL.

"Program Kuliah Kilat menjaminkan Ijazah S1, S2, Akta IV & TOEFL dengan cepat! Kuliah Kilat! Ijazah Instan! Ijazah dari PTS yang sudah dapat AKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)," tulis situs yang bernaung di bawah hosting gratisan itu di halaman utamanya.

Banderol harga yang diberikan pelaku tergantung dari tingkat pendidikan yang diminta. Semakin tinggi level gelarnya, maka semakin mahal si pemesan ijazah abal-abal ini untuk mengorek isi kantongnya.

Untuk level S1 misalnya dipatok harga Rp 12,5 - Rp 17,5 juta, tergantung embel-embel nama universitas dan jurusan yang diinginkan. Sementara untuk S2 berkisar Rp 18 - Rp 27,5 juta.

Tentu saja hal ini sangatlah miris. Terlebih jika banyak anak bangsa yang termakan rayuan dari situs seperti ini yang mengajarkan jalan pintas untuk tidak mau bersusah payah untuk belajar dan mendapat ijazah. Padahal yang mereka dapat itu tak lebih dari selembar kertas. (ash/faw)-detik.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More