Tuesday, February 23, 2010

Tips Cermat Merawat Printer

Salah satu alat output yang berhubungan dengan komputer adalah printer. Printer kerap digunakan untuk mencetak dokumen atau foto, benda ini perlu diperlakukan dengan khusus mengingat fungsinya yang sangat kita perlukan.

Agar printer bekerja dan melakukan tugasnya dengan baik perlu adanya perawatan yang baik pula. Kali ini saya akan memberikan tips merawat printer kesayangan Anda.

1. Sebaiknya gunakan printer secara berkala.
Agar kualitas cetakan tetap optimal, gunakanlah printer secara periodik misalnya 2-3 kali seminggu. Hal ini membuat aliran tinta dari lubang tetap lancar.

2. Jangan lupa untuk mematikan printer saat tidak digunakan.
Hal ini mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.

3. Coba bersihkan kotoran-kotoran yang ada dalam printer.
Bersihkanlah setiap 1 atau 2 minggu sekali untuk menjaga kemampuan printer dalam mencetak.

4. Gunakan diagnostic tools
Umumnya seluruh printer memiliki perangkat lunak mengenai bagaimana merawat atau mengatasi permasalahan mengenai printer tersebut. Pelajari sofware tersebut karena mungkin saja informasi yang disediakan bisa menolong kamu mengatasi permasalahan dalam printer.

5. Jagalah kondisi cartridge
Karena cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus dan akan berpengaruh pada hasil cetakan, perlakukanlah selalu cartridge dengan hati-hati. Termasuk saat mengganti tinta.

6. Jika terjadi sesuatu misalnya gagal mencetak, matikan printer.
Terkadang, kegagalan dalam mencetak bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya. Setelah sepuluh menit, masukkan lagi kabel daya tersebut pada colokannya, nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali.

Sumber : JerukNipis.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More