Monday, February 22, 2010

Tips Anti Mata Lelah Di Depan Monitor

Rate this posting:
{[['']]}

Sering kali kita merasa lelah mata setelah lama memandang monitor, layaknya orang yang telah melakukan perjalanan jauh. Hal seperti ini perlu kita cegah, karena jika terlalu sering akan mengakibatkan mata menjadi rusak.

1. Lebih baik pakai LCD daripada CRT
Untuk Anda yang memakai monitor CRT lebih baik segera mengantinya dengan monitor LCD, dari fakta diketahui bahwa monitor CRT lebih memberikan efek buruk ketika dipandang ketimbang monitor LCD. Untuk Anda yang malas mengganti monitor dengan monitor LCD ada cara lain, ada baiknya jika Anda memakai lapisan anti radiasi.

2. Atur jarak pandang dari monitor
Ada jarak aman untuk pandangan mata ke monitor, yakni 20-40 inchi atau 50-100cm. Jika Anda kesulitan membaca huruf, mungkin dengan memperbesar ukuran font (font size).

3. Setting display monitor
Kebanyakan monitor yang diluncurkan zaman sekarang sudah tersedia teknologi pre-set display mode, yakni untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor.

4. Lapisi mata dengan kacamata anti radiasi
Kacamata anti radiasi akan membantu untuk menolak radiasi yang langsung pada mata. Kacamata ini juga akan mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

5. Baiknya ada jangka waktu untuk secara berkala mengistirahatkan mata
Istirahatkan mata sekitar lima menit setiap satu jam. Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk memlihat jarak jauh.

Sumber : JerukNipis.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More