Monday, February 08, 2010

Perpustakaan Digital Google Terancam Ditunda

Rate this posting:
{[['']]}

Google berencana untuk memindahkan semua buku dalam bentuk online, dan menjadikannya sebagai perpustakaan online. Namun, kembali Google harus menundanya untuk sementara waktu.

Pasalnya Departemen Kehakiman AS masih enggan memberikan ijin mengenai rencana Google tersebut. Mereka mengaitkan pelarangan ini dengan undang-undang anti pembajakan dan hak cipta keluaran Amerika Serikat.

Dilansir BBC, Senin (8/2/2010), tidak hanya Departemen Kehakiman, Amazon dikabarkan juga berkeberatan. Mereka menuduh rencana Google untuk memindai dan mendistribusi jutaan buku secara online mengarah ke usaha monopoli.

Sebetulnya Google pernah dipaksa mengubah rincian perjanjian kerjasama dalam pembuatan buku digital 2009 lalu, tapi kurang berhasil.

Pasalnya, dalam surat perjanjian dituliskan bahwa hanya pihak Google yang punya hak mendistribusi dan menjual buku dalam bentuk apapun yang telah dibeli hak ciptanya.

Saat ini, kasus Google sedang ditangani pengadilan distrik dipimpin oleh Hakim Distrik Denny Chin. Pengadilan ini diharapkan bisa mengeluarkan keputusan tanggal 18 Februari ini. (srn)-okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More