Tuesday, February 23, 2010

Jika Casing Komputer Anda Mengalirkan Listrik

Casing Komputer adalah sebagai tempat berdirinya hardware komputer, seperti motherboard, prosesor, hardisk, power supply dan sebagainya. Hardisk yang kita sentuh terkadang ada yang mengalirkan listrik, atau pada saat kita menyentuhnya badan kita dialiri listrik (ke-strum).

Mungkin Anda salah satu orang yang pernah mengalami hal demikian. Mengenai aliran listriknya, ada yang mempunyai aliran listrik yang kecil dan ada juga yang besar, hal ini tergantung pada bahan casing itu sendiri.

Dalam bahasan kali ini kita akan memindahkan aliran listrik dari casing ke konduktor (benda yang tidak dapat menghantarkan listrik, seperti dinding, kayu, lantai dan sebagainya). Jadi dengan kata lain, seolah-olah aliran listrik dari casing di serap oleh konduktor tersebut.

Untuk melakukan hal yang demikian, pertama-tama kita membutuhkan kabel yang panjangnya disesuaikan (+/- 1 meter). Lilitkan salah satu ujung kabel ke baut penutup casing (yang terletak dibelakang), sedangkan ujung kabel yang lainnya lilitkan pada paku yang diletakan di dinding, meja, atau lantai.

Tapi sebaiknya Anda meletakannya pada dinding karena dirasa lebih aman, agar tidak terganggu keberadaannya, apalagi jika kondisinya ramai. Dengan demikian jika kita menyentuh casing maka aliran listriknya tidak akan mengalir ke badan kita karena sudah dialirkan ke benda konduktor tadi.

Cara ini cukup berguna terutama bagi anda yang memiliki anak kecil yang sering bermain-main dengan komputer.

Semoga bermanfaat.

Sumber : JerukNipis.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More