Thursday, February 04, 2010

Internet Bisa Bikin Anak Malas Membaca

Saat data begitu melimpah di internet, informasi apapun tersedia dan bisa diperoleh dengan mudah. Namun, kecanggihan teknologi internet yang mengalami booming dalam satu dekade terakhir ini juga dikhawatirkan bisa berdampak buruk khususnya bagi anak-anak dan generasi mendatang.

Eric Schmidt, sebagai CEO Google, salah satu perusahaan internet terbesar, adalah salah satu orang yang juga mengkhawatirkannya. Hal tersebut diungkapkannya dalam World Economic Forum di Davos, Swiss belum lama ini.

Ia mengatakan anak-anak yang lahir dan tumbuh di era informasi instan seperti sekarang ini mungkin mengalami masalah untuk melakukan deep reading atau membaca secara mendalam. Menurutnya, informasi instan yang bisa didapat dari layar komputer bahkan ponsel mungkin bisa berpengaruh terhadap kognitif dan kemampuan membaca.

"Di saat seluruh dunia bisa dilihat dari perangkat instan seperti itu, Anda menghabiskan waktu lebih sedikit untuk membaca segala bentuk literatur, buku, majalah, dan sejenisnya," ujarnya, Jumat (29/1/2010) seperti dilansir AFP.

Meskipun demikian, Schmidt tak terlalu mengkhawatirkan dampak perangkat game bagi anak-anak. Bahkan, menurutnya, banyak bukti bahwa game bisa meningkatkan daya pikir, kemampuan mengambil keputusan, dan ketrampilan koordinasi mata dan tangan.

Kekhawatiran Schmidt tersebut mungkin dijawab dengan berkembangnya akses e-book dengan diluncurkannya Kindle, Sony e-Reader, dan terakhir iPad. Namun, bisakah e-book mendongkrak kemampuan membaca mendalam seperti yang diharapkan Schmidt?

WAH-kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More