Monday, February 22, 2010

Hati-Hati Jika Posting Lokasi di Facebook

Rate this posting:
{[['']]}

Sebagian pengguna situs jejaring sosial di Indonesia terutama para anak muda dan ABG, biasanya sering narsis untuk menunjukkan dirinya sedang ebrada disuatu tempat, namun hati-hati karena itu justru akan berbalik mengancam dirinya

Baru-baru ini telah ditemukan sebuah website bernama PleaseRobMe yang telah dibuat untuk menunjukkan bahwa siapapun yang telah menunjukkan lokasinya di Internet, terutama melalui situs jejaring sosial bisa menjadi target kejahatan.

Pendiri PleaseRobMe.com yang berbasis di Belanda mengklaim pihaknya membangun situs tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya posting lokasi secara online.

Situs PleaseRobMe bukanlah apa-apa, hanya seperti pencarian di Twitter, yang menggabungkan feeds di Twitter yang menggunakan game jejaring sosial bernama Foursquare, untuk menampilkan ketika user telah meninggalkan rumah mereka.

Layanan Foursquare tersebut dapat membaca seperti feed Twitter dengan sembunyi-sembunyi, yakni mencari di setiap entry feed yang berbunyi‚ @username telah meninggalkan rumah dan masuk sekitar satu menit yang lalu‘, sebelum Tweet dari user.

Posting Tweet tersebut memberikan peluang pada teman untuk menemukan atau memposting respon tentang lokasi yang disebutkan.

Sementara system di situs PleaseRobMe.com menggambarkan bahaya serius yang mungkin muncul, ketika user memposting lokasi keberadaannya, baik ketika menggunakan layanan di Foursquare, Brightkite, Google Buzz, atau Twitter.

Kasus kejahatan seperti ini memang belum terjadi di Indonesia, namun dengan mengetahui informasi ini, hendaknya para pengguna situs jejaring di Indonesia hendaklah berhati-hati dan terus waspada. Ditengah maraknya kasus hilangnya seseorag karena melakukan "kopdar" alias kopi drat dengan lawan chatting di Facebook, kini semua bisa saja terjadi so hati-hati lah...

Sumber: PleaseRobMe.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More