Tuesday, February 02, 2010

Firefox Mobile Cuma buat Linux dan Windows

Setelah proses yang panjang, Mozilla Foundation akhirnya merilis Firefox sebagai browser web untuk perangkat bergerak. Versi pertamanya resmi dirilis 29 Januari 2010.

"Ia dibangun dengan mesin browser desktop Firefox 3.6 dengan beberapa modifikasi agar optimal pada perangkat bergerak," demikian pernyataan Mozilla di situsnya. Untuk kemudahan browsing banyak halaman, hal itu tersedia fitur tab. Browser tersebut juga sudah dilengkapi tak kurang dari 40 add-on seperti AdBlock Plus, Twitter Bar, penerjemah bahasa, dan YouTube enabler.

Perangkat lunak ini gratis untuk diunduh dan digunakan. Namun, produk ini untuk sementara baru tersedia untuk perangkat tablet Nokia N900 yang menggunakan platform atau sistem operasi Linux Maemo 5.0. Selain itu, Firefox untuk Maemo ini juga bisa digunakan pada Nokia N810 dan N800 meskipun tidak direkomendasikan Mozilla.

Firefox untuk Windows Mobile juga sudah tersedia tetapi baru versi Alpha 3 untuk Samsung Omnia II, AT&T Touch Fuze, dan HTC Touch Pro. Untuk sampai versi final masih harus melalui tahap beta dan release candidate (RC) beberapa kali. Belum ada penjelasan kapan Firefox untuk Windows Mobile akan diselesaikan.

Selain kedua platform, Firefox juga berencana dirilis untuk platform Android buatan Google. Dalam situsnya, Mozilla hanya menyatakan segera, tetapi tak memastikan kapan.

Namun, pengguna perangkat genggam selain berplatform Linux dan Windows Mobile jangan harap bisa merasakan Firefox Mobile. Sejauh ini, Mozilla tak berencana mengembangkannya untuk BlackBerry, iPhone, dan Symbian. Ponsel murahan juga tak akan jadi sasaran Firefox. Namun jika hanya ingin menjajal Firefox Mobile yang dibuat dengan kode nama Fennec, maka itu bisa dilakukan di PC.

WAH-kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More