Thursday, February 04, 2010

Damkar Kota Bandung Pakai Google Map

Rate this posting:
{[['']]}

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Bandung coba mengadopsi teknologi populer untuk mendukung kinerjanya. Yakni dengan layanan peta online Google Map dan perangkat kamera perekam panas.

"Pakai Google Map kita bisa langsung mencari rute terjadinya kebakaran. Sehingga waktur respon kita lebih cepat," ujar Kepala Damkar Kota Bandung Prijo Soebiandono kepada detikINET.

Namun Prijo mengaku teknologi tersebut belum sempurna. Perlu perangkat tambahan yang bernama Thermal Imaging Camera. Perangkat ini akan menangkap panas dan kemudian meneruskan ke sistem yang kemudian memberikan peringatan awal kepada petugas piket di kantor Damkar.

"Semacam CCTV lah. Dipasang di beberapa titik di kota Bandung sehingga bisa mengakomodir seluruh wilayah," terangnya.

Saat ini, waktu respon petugas Damkar dari markas ke lokasi kejadian yang masih dalam radius 3,5 kilometer dipatok 15 menit. Dengan adanya sistem ini, Prijo menjamin waktu responnya lebih cepat.

Tapi sampai saat ini, teknologi tersebut belum bisa dipergunakan. Hal ini karena pengajuan pembelian Thermal Imaging Camera belum dikabulkan oleh DPRD kota Bandung. Padahal perkiraan dana yang dibutuhkan sekitar Rp 600 juta.

"Kalau Google Map-nya sih sudah sering kita pergunakan. Kita pakai Google Map untuk mencari rute. Sedangkan sistem tersebut bisa beroperasi dengan optimal jika ada perangkat Thermal Imaging Camera. Kita sudah mengajukan 3 kali ke DPRD Kota Bandung. Tapi masih belum dikasih juga," keluhnya. Andrian Fauzi - detikinet

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More