Monday, February 22, 2010

Apakah Blogging Sudah Kalah Populer Oleh Facebook?

Blogging telah menjadi masa lalu untuk remaja dan anak muda, sedangkan untuk masa kini mereka lebih memilih untuk berkomunikasi satu sama lain dengan melalui situs jejaring social seperti Facebook dan MySpace.

Hal tersebut merupakan hasil dari study report Pew Internet & American Life Project mengenai media social dan Internet mobile yang digunakan anak muda. “Sejak tahun 2006, blogging terus turun dan menjadi kurang populer di kalangan anak muda.

Seiring dengan bertambahnya tool teknologi yang ada di jaringan sosial dan penggunaan situs tersebut semakin meningkat, anak muda akan berubah dari ‘macro-blogging’ ke ‘micro-blogging’ dengan update status.” ungkap dalam report study tersebut.

Di tahun 2008, sebanyak 28 persen pengguna Internet masih menggunakan blogging, dan kini hanya 14 persen yang melakukannya.

Sementara untuk blog orang dewasa ternyata sulit meningkat, dengan 1 dari 10 orang dewasa yang online hanya untuk memaintain blog.

Situs jejaring sosial kini semakin digandrungi baik oleh anak muda dan orang yang sudah tua. Kebanyakn pengguna situs jejaring sosial juga menggunakan situs seperti Facebook, MySpace dan LinkedIn.

Masih dari sumber yang sama, sebanyak 71 persen orang dewasa memiliki profil di Facebook, 66 persen memiliki profil MySpace dan sisanya 7 persen memiliki account di LinkedIn.

Sementara Twitter juga populer untuk usia 18 hingga 29, dan hanya 8 persen dari usia anak 12 hingga 17 tahun yang menggunakan Twitter.

Pew Survey tersebut mengambil survey dari 800 remaja usia 12 hingga 17 tahun dan orang tua mereka, juga 2,253 orang dewasa usia 18 tahun dan lebih tua.

Sumber: smh.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More