Saturday, January 16, 2010

Apa yang dimaksud dengan Blue Screen of Death (BSOD) ?

Rate this posting:
{[['']]}

Blue screen of death (BSOD, Bahasa Inggris: Layar Biru Kematian), atau kadang disebut "layar biru" (bluescreen) saja adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft).

BSOD milik Windows NT, 2000, XP, atau Vista biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini. Diantaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1.

BSOD merupakan pengganti black screen of death (layar hitam kematian) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS.[1] Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death atau layar merah kematian, yang digunakan pada kesalahan boot loader.


Berbagai jenis BSOD

Dibawah ini adalah tampilan dari berbagai jenis BSOD. Klik pada gambar untuk memperbesar.












Red screen of death

Popularitas BSOD

Kejadian yang dianggap paling populer mengenai BSOD adalah ketika
Bill Gates mempresentasikan Windows 98, yang ketika itu masih belum diluncurkan, di COMDEX, pada 20 April 1998. Komputer yang digunakan untuk demonstrasi tiba-tiba crash dan menampilkan BSOD ketika asisten Bill Gates, Chris Caposella menghubungkan sebuah scanner ke komputer tersebut (rekaman peristiwa ini dapat dilihat disini). Hal ini memancing tawa dan tepuk tangan dari penonton, dan kejadian ini amat mempermalukan Microsoft. Bill Gates sendiri saat itu berkata, "Pasti ini sebabnya kenapa kami belum menjual Windows 98".

Semoga bermanfaat ...... :)

Info Lengkap : http://id.wikipedia.org/wiki/BSOD

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More