Friday, October 16, 2009

Lacak Pelaku Kriminal dengan Teknologi "Bau Badan"

Bau badan memang bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan mengganggu orang lain disekitarnya.

Namun, tidak selamanya bau badan merugikan. Kerugian ini justru dimanfaatkan para ilmuwan untuk mengembangkan teknologi yang dapat membantu mendeteksi dan mengelompokkan bau.

Hingga saat ini, petugas kepolisian masih setia menggunakan anjing pelacak untuk melacak bau pelaku atau korban dalam investigasi sebuah kasus.

Dengan pengembangan teknologi pendeteksi bau ini, nampaknya anggota kepolisian akan mendapat perangkat bantuan baru untuk melakukan investigasi. Para ilmuwan di AS kini tengah mencoba menterjemahkan senyawa kimia dari bau badan manusia.

Big News Networks, Jumat (16/10/2009) melansir, studi yang diterbitkan dalam Chemical and Engineering News ini menyebutkan, menterjemahkan bau badan manusia merupakan tugas yang sulit karena masing-masing manusia memiliki campuran bau badan yang unik dan kompleks yang turut dipengaruhi oleh faktor lingkungan, kebiasaan makan dan lain sebagainya.

Perangkat ini nantinya akan mendeteksi berbagai macam bau dan membedakan apakah bau tersebut merupakan bau alami atau buatan. Sebagai contoh, tim investigasi nantinya bisa mengidentifikasi teroris yang membawa bahan peledak dan berencana meledakkan pesawat. (rah)

Cheap Web Hosting
$6.00 Welcome Survey After Free Registration!
Rp.277 Juta Rupiah Dengan Modal 100% GRATIS

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More