Wednesday, August 05, 2009

Situs Mampu Melacak Pemblokiran Internet di Dunia

Rate this posting:
{[['']]}

Para ilmuwan dari Harvard berhasil membuat situs untuk mencari aksi pemblokiran internet yang terjadi di belahan dunia mana saja.

Dikutip melalui Yahoo Tech, Rabu (5/8/2009), situs dengan nama Herdict.org ini ternyata telah membuktikan keampuhannya saat terjadi beberapa kali pemblokiran internet di China. Kala itu, lebih dari 100 pengguna internet di China menggunakan Herdict untuk mengetahui situs apa saja yang saat itu sedang diblokir oleh pemerintah China.

"Kami mendapatkan laporan dari mesin pelacak online kami di Herdict. Laporan tersebut datang secara real time bertepatan dengan aksi pemblokiran, bahkan sebelum media-media di dunia melaporkan aksi blokir tersebut," ujar penemu Herdict Jonathan Zittrain. Peristiwa ini terjadi saat China memblokir internet di hari peringatan demonstrasi Tiananmen Square, dan aksi pemblokiran Google beberapa waktu lalu.

Herdict sendiri merupakan singkatan dari 'Verdict of the herd', dan saat ini telah menyebar di kalangan pengguna internet di 140 negara.

Situs ini memiliki versi Arab dan China dengan pengunjung terbanyak berasal dari Iran, China dan Amerika.

Herdict tidak hanya merekam jejak sensorship di dunia tapi juga memberikan layanan pemberitaan langsung ke email pengguna internet sepanjang adanya aksi pemblokiran.

Jika anda ingin tahu situs-situs apa saja yang saat ini sedang diblokir maka anda tinggal memasukkan nama situs yang dituju. Kemudian verdict akan mengeluarkan hasilnya secara langsung. (srn)

$6.00 Welcome Survey After Free Registration!
Rp.277 Juta Rupiah Dengan Modal 100% GRATIS

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More