Saturday, August 01, 2009

Menjaga Keping Disc Blu-Ray Tetap Prima

Rate this posting:
{[['']]}

Blu-Ray telah menjadi standar baru dalam video. Secara penampilan, disc Blu-Ray tidak ada bedanya dengan CD dan DVD biasa. Namun daya tampungnya luarbiasa: 25-50 GB. Kualitasnya video dan suaranya pun sangat memukau.

Pada disc Blu-Ray, data disimpan dalam pit (lubang) yang lebih kecil dibandingkan milik CD dan DVD. Data juga dikemas secara lebih rapat. Semakin banyak pit pada disc, semakin banyak jumlah informasi yang ada. Data di sini dibaca oleh pancaran laser biru. Dari sinilah nama Blu-Ray hadir.

Kendati fisiknya identik dengan CD dan DVD, disc-disc Blu-Ray tidak bisa dibaca oleh CD/DVD player. Namun jika dibandingkan keping DVD biasa, keping-keping Blu-Ray lebih tahan banting. Sebab disc Blu-ray memiliki lapisan yang lebih keras dan lebih tahan terhadap baretan/goresan di permukaan discs. Seringkali yang terlihat sebagai baret sebenarnya adalah goresan yang bisa dihilangkan dengan mudah, cukup dengan menyekanya.

Nah, bagaimana merawat disc Blu-Ray agar kejernihan kualitas video dan audionya tetap terjaga sampai bertahun-tahun kemudian? Inilah yang harus Anda lakukan agar tidak terjadi malfungsi pada keping tersebut.

1. Siapkan kain. Bahan terbaik untuk menyeka keping Blu-Ray adalah kain micro-fiber. Bahan ini sama dengan bahan yang digunakan untuk menyeka layar LCD atau TV plasma. Jika kain micro-fiber tidak tersedia, gunakan kain yang lembut (soft cloth).

2. Dari tengah ke luar. Ketika membersihkan Blu-Ray, selalu seka dari bagian tengah ke arah luar. Jangan menyeka dalam gerakan melingkar. Jika goresan-goresan itu sulit dihilangkan, teteskan sedikit air ke kain. Namun jangan menggunakan deterjen yang keras, karena bahan kimia bisa merusak permukaan Blu-Ray.

3. Pegang tengahnya. Yang perlu diingat, berhati-hatilah agar tidak meninggalkan jejak sidik jari pada disc Blu-Ray. Selalu pegang disc di bagian tengahnya yang terbuka, atau dengan memegang sisi-sisi luarnya. Cap sidik jari di disc bisa mengganggu kinerja Blu-Ray.

4. Pakai kit khusus. Andai permukaan Blu-Ray Anda ternyata memang tergores, tersedia kit-kit khusus yang bisa mengembalikan permukaan disc ke kondisi awalnya yang mulus.

5. Simpan di case aslinya. Keping-keping ini harus selalu disimpan dalam casing aslinya. Bahkan dompet yang dirancang untuk menampung setumpuk disc dapat meningkatkan resiko rusak dan cacat. Jangan pernah menumpuk disc di atas Blu-Ray player.

6. Tempatkan di lokasi yang kering. Tempat terbaik untuk menyimpan disc-disc Blu-Ray adalah di tempat yang kering, tidak panas. Paparan sinar matahari dan perubahan suhu dan kelembaban yang lama bisa menurunkan kualitas Blu-Ray. Menyimpan disc secara horisontal dalam waktu lama juga tidak disarankan. Namun menyimpannya dalam posisi tegak di dalam case-nya bisa membuat Blu-Ray aman selama bertahun-tahun.

WIEK

$6.00 Welcome Survey After Free Registration!
Rp.277 Juta Rupiah Dengan Modal 100% GRATIS

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More