Tuesday, July 28, 2009

Virus Zeus Bot Telah Infeksi 3,6 Juta Komputer

Rate this posting:
{[['']]}

University of Alabama Birmingham (UAB) mengidentifikasi sebuah kartu pos digital palsu yang beredar di dunia maya. Kartu pos yang beredar dari email ke email ini ternyata menyimpan sebuah virus bernama Zeus Bot.

Dilansir melalui Big News Network, Senin (27/7/2009), Direktur Komputer Forensik UAB Gary Warner mengatakan, Zeus Bot telah dikenal sebagai virus botnet komputer yang cukup berbahaya. Hingga kini, Zeus Bot telah menginfeksi sekira 3,6 juta komputer di Amerika.

"Kartu pos palsu ini akan mengajak pemilik komputer untuk meng-klik dan mendownload konten yang ingin dilihat. Sekali klik, maka Zeus Bot akan langsung membuat komputer anda mengirimkan informasi penting, baik akun rekening bank, email atau akun penting lainnya," ujar Warner.

Menurut Warner, malware ini menggunakan GUI (graphical user interface) untuk merekam jejak komputer yang terinfeksi di seluruh dunia. Tujuannya tidak lain hanya untuk mengambil data-data rekening perbankan yang tersimpan dalam komputer tersebut.

"Pesan kamuflase yang terkandung dalam email itu biasanya berisi pesan standar. Jika anda sering menemui spam atau email virus di inbox, pasti anda juga akan tahu mana email yang berisi zeus bot. Biasanya, email tersebut dikirim atas nama web site 1001 Postcard," papar Warner.

Warner berpesan agar para pengguna internet berhati-hati atas kiriman email yang masuk ke inbox. Jangan sembarangan meng-klik jika anda merasa email tersebut tidak pernah anda harapkan kedatangannya, baik yang mengatasnamakan perbankan pribadi anda, eBay atau situs lainnya. (srn)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More