Thursday, July 02, 2009

Linux: Netbook Open Source Harusnya Gratis!

Rate this posting:
{[['']]}

Linux Foundation mengklaim kalau netbook yang berjalan di sistem operasi open source seharusnya bisa dimiliki secara gratis. Paling tidak diberikan diskon yang cukup tinggi.

Dikatakan oleh Direktur Eksekutif Linux Foundation Jim Zemlin, pada sebuah forum di China, kalau vendor PC bisa meniru apa yang dilakukan industri ponsel cerdas. Dimana mereka melakukan bundling, sehingga gagdet yang diterima bisa murah ataupun gratis.

Dikatakan Zemlin, suatu yang lumrah jika hal tersebut bisa diwujudkan. Pasalnya, seperti banyak diketahui, netbook yang berjalan di OS Linux jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan membenamkan OS berlisensi seperti Windows XP, dari Microsoft.

"Operator bisa membujuk pelanggan dengan cara ini dan menciptakan sebuah keuntungan tambahan baru. Seperti di ponsel cerdas, bisa juga antara pelanggan dilakukan kontrak perjanjian dalam jangka beberapa tahun,," jelas Zemlin, seperti yang disitat Tech Radar, Kamis (2/7/2009).

"Jika ini sukses dilakukan, maka saya pikir dalam jangka waktu satu tahun netbook bisa diberikan secara gratis," sambungnya.

Nantinya, operator bisa menggelontorkan netbook open source ini dengan sistem subsidi sehingga para pelanggan yang berminat bisa memilikinya dengan biaya yang murah, bahkan hingga gratis sekalipun. Sedangkan keuntungan yang ditargetkan operato, dapat diambil melalui layanan data yang digunakan oleh para pelanggan. (srn)


$6.00 Welcome Survey After Free Registration!

Rp.277 Juta Rupiah Dengan Modal 100% GRATIS

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More