Thursday, July 30, 2009

Apa itu Absensi Wajah?

Jika selama ini, sebelumnya anda telah mengenal sistem konvensional dalam melakukan proses absensi dengan menggunakan tanda tangan atau kartu absen (mesin amano), maka saat ini seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, sistem absensi mulai menggunakan teknologi biometrik.

Pada teknologi biometrik, salah satu bagian dari tubuh manusia akan digunakan untuk proses verifikasi proses absensi untuk mengecek kehadiran seseorang.

Banyak bagian tubuh yang dapat digunakan untuk proses absensi, salah satunya adalah wajah. Wajah merupakan bagian tubuh manusia yang sangat penting. Wajah memiliki informasi yang cukup kaya untuk membedakan seseorang dengan orang lain.

Di bidang ilmu komputer, pembahasan tentang sistem biometrik, tidak terlepas dari materi pengolahan citra digital dan kecerdasan buatan, pada sistem biometrik berbasis komputer, komputer dapat membedakan seseorang dengan cara membandingkan informasi ciri-ciri wajah pada data citra digital yang telah tersimpan, layaknya manusia yang dapat membedakan seseorang dengan orang lain dengan hanya melihat wajah seseorang.

Absensi wajah hadir untuk memberikan solusi dalam proses absensi yang begitu penting bagi produktifitas suatu organisasi, dengan absensi wajah yang telah menggunakan teknologi biometrik maka akan mencegah terjadinya kecurangan berupa “titip absen“. Jika sebelumnya ada kata kiasan “setor muka” jika melakukan absensi. Maka dengan sistem absensi wajah kata kiasan tersebut akan menjadi kenyataan. Jika anda tertarik, mengapa tidak mencobanya di lingkungan kerja anda.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More