Friday, June 26, 2009

Wikipedia Sempat Dilema Kematian Michael Jackson

Rate this posting:
{[['']]}

Wikipedia sempat menghadapi dilema terkait meninggalnya Michael Jackson. Bagian editor dari ensiklopedia online itu harus memutuskan boleh tidaknya memunculkan artikel tentang Jackson yang belum diselidiki kebenarannya.

Beberapa Wikipedian, sebutan untuk para kontributor informasi dalam Wikipedia, berulang kali menghapus dan mengedit informasi tentang kematian raja musik pop tersebut.

"Artikel ini belum diselidiki kebenarannya, "Dia belum mati", "Premature edits," "Sekali lagi, dia belum mati, hentikan memposting artikel mengenai kematiannya,". Demikian bunyi beberapa komentar tambahan yang diposting para Wikipedian pada artikel kematian Jackson.

Pada Kamis 25 Juni waktu setempat, Wikipedia sempat mengalami overloaded untuk jangka waktu beberapa lama. Hal itu dikarenakan padatnya trafik akses oleh para Wikipedian yang berkontribusi dalam pengeditan artikel tentang Jackson.

Situs ensikopedia multibahasa itu sempat mencantumkan keterangan bahwa Wikipedia tengah mengalami hambatan teknis dan tidak bisa mengontak server database. Demikian keterangan yang dikutip dari CNet, Jumat (26/6/2009).

Berbagai berita tentang Jackson yang diposting dalam blog pun membuat berita ini menjadi simpang siur. Hal itu membuat organisasi pemberitaan menjadi lebih berhati-hati memberitakan Jackson. Sebagian masih ada yang mengabarkan kondisi Jackson membaik.

Pada akhirnya, portal Los Angeles Times berinisiatif mengawali pemberitaan bahwa Jackson sedang dalam keadaan koma. Kemudian pada 25 Juni pukul 03.15 sore waktu setempat, portal tersebut mengupdate beritanya dan memberitakan bahwa tim dokter yang menangani Jackson telah mengumumkan Raja Pop tersebut telah meninggal dunia.

Segera setelah itu, editor Wikipedia turun tangan langsung dalam pengeditan artikel Jackson. Pada Jumat 26 Juni, Wikipedia telah mencantumkan informasi bahwa Jackson baru saja meninggal dunia. Segala komentar tambahan yang masih meragukan kematiannya pun telah dihapus. (srn)


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More