Friday, June 26, 2009

Warga Kuba Paling Gaptek Se-Dunia

Rate this posting:
{[['']]}

Di tengah kemajuan teknologi yang semakin menggila, ternyata masih banyak negara yang terisolasi dari penetrasi internet dan telepon. Mau tahu negara mana yang paling minim akses internet dan telepon di dunia?

Pada akhir 2009, The National Statistics mengeluarkan laporan yang menyatakan Kuba sebagai negara dengan akses internet paling rendah dibandingkan negara di belahan bumi manapun.

Kuba dinilai hanya memiliki 1,4 juta sambungan telepon baik fixed maupun mobile. Padahal di negara tersebut terdapat sekira 11,2 juta penduduk, atau jika di rata-rata, dari 100 orang hanya 12 orang yang memiliki telepon. Demikian dilansir Reuters, Jumat (26/6/2009).

Tak hanya telepon, Kuba juga hanya memiliki 630 ribu telepon dan itu pun hanya diperuntukkan bagi fasilitas umum seperti sekolah dan fasilitas kesehatan.

Untuk urusan akses internet, The National Statistics menyatakan hanya 13 persen penduduk Kuba yang dapat mengakses internet. Itupun hanya diperuntukkan bagi kalangan pemerintah.

"Keinginan masyarakat Kuba untuk memperoleh layanan telekomunikasi sebenarnya sangat kuat. Saya sangat berharap jika suatu hari nanti saya dapat memiliki komputer, internet dan telepon. Akan tetapi saya lihat kemungkinan itu sangat kecil," ujar warga Kuba yang berprofesi sebagai seorang penari, Yenisey Peraza.

Minimnya layanan telekomunikasi di Kuba merupakan buah dari kebijakan pemerintah yang menerapkan kebijakan ketat terhadap dunia telekomunikasi. Selain itu, Kuba juga selama bertahun-tahun mendapatkan embargo dari Amerika Serikat, termasuk di bidang Telekomunikasi. (srn)


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More