Monday, April 06, 2009

Pemerintah Texas 'Buang' Windows Vista

Rate this posting:
{[['']]}

Parlemen negara bagian Texas meloloskan proposal anggaran belanja negara yang menghilangkan alokasi belanja Windows Vista. Hal itu membuat sejumlah komputer di lingkungan pemerintahan negara bagian Texas takkan menggunakan kembali sistem operasi besutan Microsoft, Windows Vista.

Rencana pemblokiran Windows Vista dari komputer di lingkungan pemerintahan itu diungkapkan senator asal Parta Demokrat, Juan Hinojosa, seperti dilansir ComputerWorld, Senin (6/4/2009).

Penggunaan Windows Vista dinilai Hinojosa telah membuat anggaran belanja pemerintah membengkak. Selain itu, Windows Vista juga dinilai memiliki banyak masalah.

"Kami tidak bermaksud untuk membuang Microsoft pelan-pelan, tapi masalahnya kelemahan Windows Vista memang telah diketahui semua orang dan saya pikir sistem operasi Windows XP masih dapat bekerja dengan baik," kata Hinojosa.

Menanggapi langkah pemerintah Texas itu, Microsoft mengatakan sangat terkejut, dan akan melihat lebih lanjut penerapan kebijakan itu. Microsoft telah lama memiliki hubungan dengan Texas. Micorosoft memiliki sekira 1.500 karyawan di wilayah negara bagian itu. Microsoft juga mengeluarkan dana sekira USD500 juta untuk membuka data center di wilayah tersebut, tahun lalu.

Microsoft selama ini memang menguasai penggunaan sistem operasi komputer di Texas. Berdasarkan data Department of Information Resources, Texas, sebanyak 44 instansi di wilayahnya membelanjakan sekira USD6,1 juta untuk mengupgrade sistem operasi komputernya menjadi Windows Vista.

Menurut Hinojosa, Microsoft juga telah memonopoli penggunaan software OS di pemerintahan. Sekira 99 persen sistem operasi di 137.500 desktop dan laptop milik negara, sedangkan pemerintah hanya memiliki 1.500 unit Mac. (srn)


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More