Monday, April 27, 2009

Karyawan Sakit Dipecat Lewat Facebook

Rate this posting:
{[['']]}

Ini bukan kali pertama Facebook menjadi masalah di tempat kerja. Masalahnya, banyak perusahaan yang khawatir kinerja karyawan akan merosot ketika mereka lupa diri pada saat mengakses Facebook.

Oleh karenanya banyak perusahaan mengeluarkan kebijakan untuk membatasi akses ke situs jejaring sosial ini. Di Swiss, sebuah perusahaan mengawasi akses Facebook secara online dengan menjadi teman Facebook para karyawannya dan tak segan-segan memecat karyawan yang ketahuan mengaksesnya pada saat jam kerja.

Nasib malang ini menimpa seorang wanita asal Swiss yang tidak mau disebutkan namanya. Dia dipecat setelah ketahuan mengakses Facebook. Ketika itu dia mengeluh menderita migren dan meminta izin pada bosnya untuk beristirahat di ruangan gelap. Sambil beristirahat di tempat tidur dia mengakses Facebook melalui ponsel.

Dan tentu saja mata-mata perusahaan yang menyamar menjadi teman Facebook dengan mudah dapat memergokinya. �

"Ini tidak adil. Saya sungguh tidak percaya, perusahaan membuat akun fiktif dan menjadi teman Facebook seluruh karyawan. Dengan begitu mereka bisa mengetahui setiap karyawan yang sedang mengakses Facebook," ujar wanita tersebut seperti yang dilansir oleh BBC, Minggu (26/4/2009).

Kecurigaannya terbukti ketika teman Facebook yang diduga sebagai mata-mata perusahaan langsung menghilang pada akun wanita itu tak lama setelah dirinya dipecat.(srn)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More