Thursday, March 05, 2009

Hati-hati, Hacker Bisa Curi Data Melalui Gmail

Rate this posting:
{[['']]}

Bagi Anda yang suka menggunakan layanan instant messaging (IM) melalui Gmail, nampaknya mulai berhati-hati. Sebab, dilaporkan banyak penggunan layanan itu dicuri data loginnya.

Awalnya para spammer itu akan mengirimkan pesan kepada Gmail melalui Google Talk. Di pesan itu, pengguna Gtalk, disuruh untuk membuka sebuah video berjudul ViddyHo, melalui sebuah link. Setelah itu, pengguna layanan dari Google, diperintahkan untuk memasukan usernama dan pasword mereka.

Namun yang terjadi bukannya video yang ditampilkan, malah sebuah pesan hoax. Yang ternyata, dilakukan supaya para hacker tersebut bisa mengakses Gmail user secara ilegal, dan tentunya bisa disalahgunakan. Konsultan keamanan Sophos melaporkan 41 persen user, tertipu oleh ulah iseng tersebut.

Oleh karena itu, kemudian Sophos mendorong para user yang pernah menjadi korban situs yang membujuk tapi menipu, untuk mengubah password di situs yang memiliki detail login yang sama dengan account Gmail. Seperti yang dikutip TechCrunch, Kamis (5/3/2009).

"Jika user pernah merasa tertipu, maka pastikan untuk mengubah password Gmail dengan segera, atau jika tidak seluruh buku alamat, termasuk informasi lainnya, akan dengan cepat diambil oleh hacker.? ungkap pihak Sophos. (srn)


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More