Thursday, March 05, 2009

Dua Sistem Operasi Linux Diperbarui

Rate this posting:
{[['']]}

Virtualisasi, desktop, networking, manajemen dan dukungan hardware adalah tambahan yang diberikan Novell dan Red Hat dalam pembaruan sistem operasi Linux masing-masing. Peningkatan tersebut berlaku untuk desktop dan server.

Pembaruan Novell berupa SUSE Linux Enterprise 10 Service Pack 2 (SP2),

Novell menambahkan dukungan bagi Xen 3.2 pada platform server-nya, SUSE Linux Enterprise (SLES), dan dukungan untuk fully virtualized Windows Server 2008 dan 2003. Novell juga sekarang mendukung migrasi live dari Windows guests di semua mesin fisik. Untuk memudahkan boot-up, YaST (Yet another Set-up Tool) juga diperbarui dan ditambahi dukungan network module untuk devices baru.

Sementara itu Red Hat merilis Red Hat Enterprise Linux versi 5.2. Fokus Red Hat di versi baru ini juga pada kemampuan virtualisasi, yang didasarkan pada teknologi Xen hypervisor yang juga dipakai Novell. “Sekarang kami mendukung lebih banyak arsitektur berbasis CPU dan NUMA,” kata Daniel Riek (Product Manager for Red Hat Enterprise Linux).

RHEL 5.2 sekarang dapat menangani sistem virtualisasi sampai 64CPU dan memori 512MB. Red Hat juga meningkatkan kemampuan sekuriti, kinerja, manajemen, dan power saving untuk prosesor-prosesor yang lebih baru. Juga ditambahkan driver baru untuk RHEL 3 demi meningkatkan kinerjanya sebagai sistem operasi tamu pada RHEL 5 host server.

Untuk desktop, Novell menambahkan dukungan local NTFS file support agar bisa berinteroperasi dengan Windows dan Office, meningkatkan integrasi dengan Active Directory dan meng-upgrade aplikasi produktivitas OpenOffice.org 2.4 Novell Edition.

Perbaikan OpenOffice.org-nya mencakup preview teknis dari translator Office Open XML (OOXML). Dukungan plug-and-play untuk wireless broadband (UMTS, 3G) dan peningkatan Network Manager juga tak dilupakan.

The RHEL desktop 5.2 diperbarui dengan dukungan untuk fitur manajemen daya laptop - suspend/hibernate and resume – , juga driver grafis baru, plus update aplikasi untuk desktop OpenOffice 2.3 and Firefox v3. Selain itu ada tool baru yang disebut Subscription Management Tool for SUSE Linux Enterprise untuk membantu pengguna mengelola distribusi update.

Red Hat sendiri meng-upgrade dukungan hardware untuk x86/x86-64, Itanium, IBM Power dan IBM System z. Yang juga ditambahkan adalah dukungan untuk IPv6 and IPSec, updated storage, network dan graphics driver dan certified IBM's Cell Blade System.

WIEK


2 comments:

I recently came accross your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I dont know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.


Ann

http://externallaptop.net

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More