Thursday, January 15, 2009

Facebook Bantu Polisi Tangkap Pencuri

Rate this posting:
{[['']]}

Maling apes. Mungkin julukan itu pantas bagi seorang laki-laki yang mencoba mencuri dari sebuah bar di Queenstown Selandia Baru. Bermodal obeng dia berhasil menerobos masuk lewat atap.

Tapi upayanya gagal, karena tak berhasil membongkar tempat penyimpanan uang di bar itu. Bukan hanya itu laki-laki berusia 21 tahun ini pun berhasil ditangkap polisi.

Upaya polisi menangkap tersangka ini juga cukup unik. Untuk pertama kalinya polisi menggunakan alat jejaring sosial Facebook untuk menyebarkan foto-foto si tersangka yang tertangkap kamera tersembunyi yang dipasang di Frankton Arms Tavern.

“Ketika dia kepanasan, dia membuka topeng kupluknya, setelah tak berhasil membawa apapun. Dia mondar-mandir di bar sebelum mengepak barangnya dan pergi. Saat mondar-mandir itulah dia lewat persis di depan kamera keamanan yang dipasang tersembunyi,” kata Inspektur Sean Drader, petugas kepolisian Queenstown.

Foto-foto inilah yang kemudian dipasang oleh polisi di akun Facebook milik kepolisian Queenstown, dan dimintakan bantuan bagi siapapun yang tahu informasi tentang orang ini.Foto ini juga kemudian tersebar di banyak media online dan koran.

Polisi Queenstown, berterimakasih pada orang-orang yang telah membantu mereka menangkap, tersangka pencuri melalui Facebook untuk pertama kalinya.

“Saya tak pernah bertemu dengan pencuri yang saya pikir cukup cerdas. Saya yakin seseorang akan mengenalinya, “ kata Drader, seperti dikutip The New Zealand Herald, Rabu 14 Januari 2009.

Laki-laki ini muncul di Pengadilan Distrik Queenstown, 14 Januari 2009, menghadapi tuntutan percobaan masuk properti milik orang lain.

VIVAnews



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More