Monday, December 01, 2008

Awari Imbau Warnet Gunakan Partisi Rendah

Rate this posting:
{[['']]}

Asosiasi Warung Internet Indonesia (Awari) menyesalkan warnet yang dijadikan tempat untuk berbuat mesum dan menuntut aparat yang berwajib menindak tegas pelaku dan pemilik warnet mesum karena dapat merugikan citra warnet-warnet umumnya.


"Dari sisi warnet, sebenarnya penggunaan fasilitas yang melenceng akan merugikan warnet itu sendiri, apalagi jumlah mereka ini sebenarnya tidak ada apa-apanya dibanding dengan jumlah warnet yang 'bersih'," kata Ketua Umum Awari Irwin Day kepada okezone, Senin (1/12/2008).
Menurut Irwin, Awari tidak memiliki aturan mengenai desain warnet, namun awari memiliki kode etik yang menyebutkan dengan jelas tanggung jawab sosial warnet terhadap lingkungannya.
"Kode etik ini, jika diterjemahkan ke dalam desain warnet, maka akan terhindar bentuk-bentuk warnet yang dapat memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk berbuat mesum ataupun perbuatan melawan hukum lainnya," ujarnya.
Selain itu, Irwin mengatakan, upaya untuk meminta identitas kepada pengunjung untuk mengantisipasi perbuatan mesum di warnet sebenarnya bukanlah masalah. Sebab dapat disiasati dengan membuat sistem membership (keanggotaan) yang merupakan fasilitas standar dari sistem tagihan (billing system) yang digunakan di warnet-warnet.
"Dari sisi pelayanan, anggota atau member dapat diberikan fasilitas seperti diskon ataupun fasilitas lainnya yang tentu saja menarik bagi pengguna warnet," ujarnya.
Irwin menyarankan warnet-warnet untuk mengunakan partisi yang rendah agar operator warnet tetap dapat mengawasi pelanggan. Diprediksi Irwin, partisi yang rendah akan memudahkan operator melayani pelanggan jika terjadi masalah.
"Tanpa partisi pun, sebuah warnet tidak akan berkurang kenyamanannya. Karena warnet adalah tempat umum maka batasan privasi-nya adalah tidak menggangu kepentingan umum," tandas Irwin. (srn)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More