Tuesday, November 18, 2008

ACPI (Advanced Configuration Power Interface)

Rate this posting:
{[['']]}

Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi. ACPI ini adalah interface dan ditujukan untuk perangkat lunak dan perangkat keras.
Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state). Beberapa sleeping state yang tersedia antara lain :
S1 Sleeping State
Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah. Pada S1 sleeping state tidak ada system context yang hilang, tidak pada prosesor maupun chipset.
S2 Sleeping State
Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah seperti halnya S1 sleeping state, hanya saja pada S2 sleeping state ini prosesor context dan sistem cache context menjadi hilang. Sistem operasi yang akan bertanggung jawab mempertahankan context dari prosesor dan cache tersebut.
S3 Sleeping State
Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah juga, namun semua system context kecuali pada memori utama akan hilang. S3 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to RAM.
S4 Sleeping State
Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang tinggi (tertinggi yang didukung oleh ACPI) dan memiliki tingkat penggunaan daya yang paling rendah (terendah yang didukung oleh ACPI). Pada S4 sleeping state ini dianggap semua hardware dimatikan, hanya saja context-nya tetap dipertahankan. S4 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to disk.
S5 Sleeping State
S5 soft off ini memiliki kesamaan dengan S4 sleeping state, hanya saja sistem operasi tidak menyimpan context apapun

Sumber :
Andino Maseleno
andinomaseleno@yahoo.com
Copyright © IlmuKomputer.Com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More