Tuesday, September 16, 2008

Ahli ERP Paling Dicari

Rate this posting:
{[['']]}

Sampai tahun 2015, sekitar 3,3 juta lapangan kerja di bidang teknologi informasi (TI) menanti di negeri jiran. Sementara di Indonesia, di tahun 2010 akan tersedia lowongan untuk tiga ratus ribuan orang dengan kemampuan di bidang TI.
Wow! Angka-angkanya terdengar fantastis, bukan? Itu bukanlah angka rekaan karena bisa dijumpai di Buku Biru Perencanaan SDM yang diterbitkan oleh BHTV ITB dan Depperindag, Oktober 2003 silam. Mungkin Anda tidak bisa langsung percaya, tapi angka-angka itu bisa jadi indikator bahwa peluang kerja di bidang TI sebenarnya ada banyak, asal kamu punya spesifikasi yang pas.

PELUANG KERJA TI
Peluang kerja di bidang TI, secara lebih spesifik bisa dikategorikan dalam 3 kelompok besar: software, hardware, dan jaringan. Dari ketiganya, yang paling dicari adalah orang-orang yang ahli dibidang software.
Enaknya, saat ini bidang pekerjaan di industri software sudah memperlihatkan kerapian struktur. Di garda terdepan ada System dan Business Analyst yang kerjanya menganalisa kebutuhan aplikasi di satu perusahaan. Lalu ada Programmer atau Developer yang biasanya dikoordinir oleh Project Manager. Lebih ke atas lagi jenjangnya adalah Software Architect. Siapa yang tak tahu Bill Gates? Nah, Gates adalah seorang Software Architect.
Kebutuhan SDM juga meningkat di sector jaringan, terutama setup jaringan, teknologi nirkabel, dan infrastruktur. Bahkan perkembangan di bidang jaringan akan membuka “jendela” kerja baru, yakni bidang keamanan sistem atau keamanan jaringan.
Lalu, bagaimana peluang kerja di industri hardware? Agak sulit karena pabrik perangkat keras TI di Indonesia masih termasuk jarang. Bidang yang satu ini mungkin akan lebih banyak membutuhkan Technical Support atau IT Help Desk.

PENDAPATAN
Berapa sih gaji seorang pekerja di bidang TI? Di Indonesia, meskipun SDM TI banyak diminati perusahaan, ternyata gajinya masih agak dibawah koleganya di luar negeri. Gaji seorang pemula di bidang TI berkisar antara 900 ribu sampai 2,5 juta rupiah per bulan. Sedangkan yang sudah berpengalaman bisa meraih sedikitnya 7 sampai 10 juta rupiah setiap bulannya. Sementara di luar negeri, gaji seorang karyawan TI yang hitungannya pemula adalah sekitar 400-600 USD (3,6-5,5 juta rupiah) per bulan. Senior mereka memperoleh pendapatan yang lebih besar lagi, sekitar 2000-2500 USD (18,2-22,7 juta rupiah) per bulan.
Lalu, jenis pekerjaan apa yang paling mahal bayarannya? IT Director atau Chief Information Officer (CIO) menduduki peringkat pertama dengan penghasilan antara 30-80 juta rupiah per bulan. Menurut panduan gaji dari Kelly Services, seorang IT Manager di Indonesia dengan pengalaman 5-7 tahun bisa meraup sekitar 15 sampai 25 juta rupiah per bulan.

YANG DIMINATI
Bidang lain yang banyak dilirik perusahaan adalah orang yang memahami konsep Enterprise Resource Planning (ERP) atau solusi sejenisnya. Jika menguasai ERP keluaran vendor-vendor seperti SAP, Oracle, Peoplesoft, atau Baan dengan baik, Anda pantas menduduki jabatan ERP Consultant atau ERP Manager.
Lowongan-lowongan TI apa lagi yang banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan di Indonesia? Peringkat pertama diduduki oleh Programmer atau Developer. Hal ini agaknya sejalan dengan perkembangan bidang software yang diramalkan bakal makin ramai di Indonesia. Lowongan tenaga-tenaga TI professional lain yang banyak dibuka antara lain adalah IT Help Desk, Sales (IT), Project Manager, Operator Komputer, Teknisi Komputer, Web Master, Web Chief Editor, Web Administrator, Software Tester, Java Developer, Network Manager, Technical Writer/Author, dan IT Trainer.(lil)

WIRASWASTA DI TI? SIAPA TAKUT!
Peluang berwiraswasta dengan bekal ilmu TI pun tak sedikit. Satu hal yang perlu diingat jika ingin kerja independen, siapkan bekal yang cukup untuk berkompetisi dengan pesaing. Salah satu bekal yang penting adalah sertifikat professional demi mendapat pengakuan klien. Bidang apa saja yang bisa kamu tekuni? Inilah 10 diantaranya.

1. Software house
2. System integrator
3. Merakit PC
4. Desain Web
5. Kontributor untuk media
6. Reparasi Hardware
7. Konsultan TI
8. Auditor sekuriti (jaringan, komputer)
9. Trainer
10. Technical Writer

Tabloid PCplus Tahun VII, 01-14 Mei 2007, PCplus 282

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More