Saturday, August 09, 2008

Nintendo DS untuk Belajar Bahasa

Rate this posting:
{[['']]}

Disekolah manapun, membawa console Nintendo DS ke dalam kelas sudah pasti dilarang. Tapi, tidak begitu halnya dengan sekolah Tokyo Joshi Gakuen di Jepang. Di sekolah yang setara dengan SMP tersebut, Nintendo DS dimanfaatkan untuk pelajaran bahasa Inggris yang berfokus ke kosa kata, tulis tangan, dan pengucapan. Pada awalnya, murid-murid di sana cukup kaget, karena tidak seperti biasanya console game diizinkan untuk dibawa ke sekolah.
Menurut pimpinan sekolah tersebut, pemanfaatn Nintendo DS untuk kegiatan belajar ini masih dalam tahap uji coba selama satu tahun. Namun, hasilnya sepertinya sudah terlihat menuju kea rah positif, dimana murid-murid mulai menunjukkan peningkatan kemampuan dalam mengeja.
Jepang mempunyai sekitar 15 ribu sekolah menengah. Di tahun 2000, diluncurkan sebuah program yang mengharuskan proses belajar mengajar menjadi sebuah hal yang menyenangkan untuk meningkatkan kreativitas. Kementrian pendidikan Jepang sendiri pun menyerahkan proses pengajaran ke masing-masing sekolah.

Info : itnews.com.au
PC MILD 14/2008

Ok, kita tunggu saja perkembangannya. Apakah mungkin kalau diterapkan di Indonesia ya?

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More